Sunday, October 16, 2011

Kaspersky & Microsoft Tumbangkan Botnet Hlux

Susetyo Dwi Prihadi - Okezone
JAKARTA -  Kaspersky Lab, Microsoft and Kyrus Tech telah berhasil bekerja sama dalam mematikan botnet Kelihos, yang dideteksi oleh Kaspersky Lab bernama Hlux.
Kelihos digunakan untuk mengirimkan miliaran pesan spam, mencuri data pribadi, melakukan serangan DDos dan banyak kejahatan lainnya, menggunakan kurang lebih 40 ribu komputer.

Microsoft juga telah mengambil tindakan hukum terhadap 24 orang yang berhubungan dengan infrastruktur dibelakang botnet dalam kasus perdata yang memungkinkan penutupan domain yang digunakan untuk komando dan kontrol botnet.

Kaspersky Lab berperan penting dalam penutupan botnet, melacak sejak awal tahun 2011, ketika mulai bekerja sama dengan Microsoft menangani Kelihos, termasuk berbagi sistem pelacakan botnet secara live dengan perusahaan AS.

"Kaspersky Lab memainkan peran penting dalam operasi ini dengan menyediakan kami wawasan yang unik dan mendalam berdasarkan analisis teknis mereka dan pemahaman tentang botnet Kelihos," terang Richard Boscovich, pengacara senior bersama dengan Microsoft Digital Crimes Unit, seperti dilansir melalui keterangan resminya, Minggu (16/10/2011).

Kelihos adalah botnet peer-to-peer. Botnet ini terdiri dari lapisan berbagai jenis node: controller, router dan pekerja. Controller adalah mesin yang diasumsikan dioperasikan oleh kelompok dibelakang botnet.

Mereka mendistribusikan perintah ke bot dan mengawasi struktur dinamis jaringan peer-to-peer. Router adalah mesin terinfeksi dengan alamat IP publik.

Mereka menjalankan bot untuk mengirimkan spam, mengumpulkan alamat email, melacak informasi pengguna dari lalu lintas jaringan. (tyo)

No comments:

Post a Comment